The First and the most important step, towards success is the feeling that we can succeed.. :D

Sabtu, 24 Maret 2012

Adab Penulisan Di Internet


"Adab Penulisan Di Internet"

  
Bagi sebagian orang, mungkin menulis merupakan suatu kegiatan yang membosankan. Namun di balik itu semua sebenarnya menulis merupakan kegiatan yang menarik, tinggal bagaimana kita menyiasatinya dan kembali pada diri kita masing-masing. Menulis itu merupakan sifat kerja. Ketika seseorang menulis berarti orang tersebut sedang melakukakan kegiatan kerja. Menulis juga dapat di katakan sebagai sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis dalam berbagai media sesuai dengan perkembangan zaman  dengan tujuan untuk memberi tahu, meyakinkan, maupun menghibur pembaca. Menurut sebagian orang menulis adalah pekerjaan mudah tetapi banyak juga yang mengatakan, bahwasanya menulis adalah pekerjaan yang sulit, apalagi bagi orang yang tidak terbiasa menulis.
Setiap orang pasti pernah membuat suatu pernyataan dalam bentuk artikel ataupun sebagainya, dan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu. Untuk beberapa orang yang suka menulis khususnya dalam media elektronik (internet), pastinya terdapat adab-adab yang harus diperhatikan mengenai isinya agar tidak bertentangan dengan nilai-nilai maupun norma-norma yang berlaku dikehidupan masyarakat agar terciptanya komunikasi yang sehat dan bermanfaat. Oleh karena itu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pernyataan ataupun artikel dalam media elektronik terutama di internet. Adapun adab yang perlu diperhatikan antara lain, ialah;
1. Menggunakan bahasa yang sopan dan baik dalam menyampaikan sesuatu dan juga tidak menyingggung perasaan oranglain,
2. Tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan),
3. Kalimat yang digunakan menggunakan EYD (Ejaan yang disempurnakan),
4. Tidak menyampaikan suatu pernyataan yang sifatnya tidak benar (Berbohong),
5. tidak membuat tulisan yang mengandung unsur porno baik bentuk video ataupun tulisan lainnya,
6. Tidak melakukan unsur pembajakan artikel tanpa mencantumkan sumber artikel itu sendiri.
Sebenarnya hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan pada saat menulis di dunia maya adalah meningkatkan kehati-hatian. Pikirkan kembali segala sesuatu sebelum menulis di internet. Efek dari tulisan bisa berakibat pada urusan hukum. Tulisan yang dimuat pada media yang tidak dalam kendali misalkan maling list tidak akan bisa dihapus tanpa bantuan administrator. Demikian juga tulisan di blog yang akhirnya menyebar karena dicopy oleh banyak pihak. Untuk itu dalam menulis haruslah dipikirkan kembali tujuan yang hendak dicapai dari tulisan itu sendiri dan siap menanggung resiko dari apa yang telah ditulisnya. Oleh karena itu secara garis besar, etika atau adab-adab yang telah diberitahukan harus diperhatikan dan dikerjakan sebaik-baiknya oleh pengguna internet. Akhir kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat umumnya untuk pembaca dan khususnya untuk penulis sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar