The First and the most important step, towards success is the feeling that we can succeed.. :D

Selasa, 25 Maret 2014

TEKNOLOGI GAME

    Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membegikan pengetahuan sekaligus melaksanakan tugas yang diberikan kepada saya yaitu sebagai tugas penunjang Softkill. Saya akan mengulas sedikit tentang Teknologi Game yang semakin berkembang sapmpai waktu yang tidak terbatas. Kali ini saya akan membahas tentang sebuah pengertian Teknologi Game, sejarah perkembangannya, kalsifikasi game dan sebuah contoh game yang akan saya cantumkan pada bagian artikel dibawah ini.

PENGERTIAN
         Game diambil dari bahasa Inggris yang diterjemahkan yang artinya permainan. Di dalam era perkembangan era perkembangan teknologi yang pesat ini, seperti halnya permainan kartu, catur dan lain-lainnya dapat ditemui melalui dunia virtual atau yang biasa kita mainkan di dalam komputer. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini munculah berbagai sarana permainan, misalnya Playstation 3, Xbox 360, Nintendo wii, PSP, Nintendo DS, maupun PC dari yang berbasis individu ataupun multiplayer.
Pengertian game komputer menurut beberapa ahli :
− Menurut Chris Crawford, seorang computer game designermengemukakan bahwa game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda.
− Menurut David Parlett, Game adalah sesuatu yang memiliki "akhir dan cara mencapainya": artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.
− Menurut Roger Caillois, seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah aktivitas yang mencakup karakteristik berikut: fun (bebas bermain adalah pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah), uncertain, non-productive, governed by rules (ada aturan), fictitious (pura-pura).
− Menurut Clark C. Abt, Game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapai tujuan dengan “dibatasi oleh konteks tertentu” (misalnya, dibatasi oleh peraturan).
− Menurut Bernard Suits Game adalah “upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu”. “Rintangan yang tidak perlu”.
− Menurut Greg Costikyan, Game adalah “sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan”.
− Definisi ini dari buku Rules of Play karya Katie Salen dan Eric Zimmerman, Game adalah “sistem tempat pemain melakukan konflik bohongan, ditentukan oleh aturan, yang memberi hasil terukur”.

SEJARAH PERKEMBANGAN GAME

    Computer gaming telah ada sejak sekitar 1960an. Karena perkembangan industri microprocessor, mainframe, dan minicomputers. Salah satu game komputer pertama dikembangkan pada tahun 1961. Ketika siswa MIT, Martin Graetz dan Alan Kotok, dengan memperkerjakan Steve Russell, menghasilkan "Spacewar!" pada komputer mainframe PDP-1.
        Generasi pertama PC games biasanya berupa 'text-adventures' atau 'interactive fiction', yang mana pemain berkomunikasi dengan komputer melalui input pada memakai keyboard. Game text-adventure pertama adalah 'Adventure' yang dibangun untuk PDP-11 oleh Will Crowther tahun 1976 dan dikembangkan lagi oleh Don Woods di tahun 1977. Ketika memasuki 1980an, PC telah mendukung penuh untuk menjalankan game sejenis 'Adventure'.Di masa ini, grafik kemudian menjadin unsur penting dalam pembuatan game.
         Pada tahun 1952, A.S. Douglas menulis untuk gelar PhD di University of Cambridge jurusan Human-Computer Interraction. Douglas menciptakan permainan komputer grafis yang diberi nama Tic-Tac-Toe. Permainan ini deprogram pada komputer EDSAC vacuum-tube yang memiliki tampilan tabung sinar katode.William Higinborham menciptakan video game pertama pada tahun 1958. Permainan ini diberi judul “Tennis for Two”, diciptakan dan dimainkan di osiloskop Brookhaven National Laboratory.
        Video games pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 sebagai medium hiburan bersifat komersial. Pada akhir tahun 1970an dan awal tahun 1980an, video games menjadi sebuah dasar yang penting bagi industri hiburan di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.
         Pada 1967, Ralph Baer menciptakan video game pertama yang dimaikan dengan televisi, diberi nama Chase. Ralph Baer akhirnya menjadi bagian dari Sanders Associates, sebuah perusahaan elektronik militer. Idenya Ralph ini dicetuskan untuk pertama kali pada 1951, saat sedang bekerja untuk perusahaan komputer Loral. Pada 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney, menciptakan permainan arcade yang pertama. Permainan ini diberi nama 'Computer Space', yang diciptakan berdasarkan pada permainan 'SpaceWar!'. Lalu, tahun 1972, Permainan arcade Pong diciptakan oleh Nolan Bushnell (dengan bantuan Al Alcorn). Nolan Bushnell dan Ted Dabney memulai dengan Atari Computer pada tahun yang sama.
          Pada tahun 1975, Atari kembali meluncurkan Pong sebagai home video game.Tahun 1972, hiburan pertama video game komersial dapat dimainkan di rumah. 'Odyssey', diluncurkan oleh Magnavox dan didesain oleh Ralph Baer. Permainan mesin ini aslinya didesain pada saat Ralph Baer masih berada di Sanders Associates pada tahun 1966, Baer mengurus untuk mendapatkan ijin legalnya setelah ditolak oleh Sanders Associates. Permainan Odyssey deprogram dengan dua belas permainan.Pada tahun 1976, Fairchild meluncurkan programmable home game yang pertama dan diberi nama Fairchild Video Entertainment System atau Channel F. Channel F merupakan salah satu dari electronic system yang pertama menggunakanmicrochip yang diciptakan oelh Robert Noyce untuk Fairchild Semiconductor Corporation.

KLASIFIKASI GAME

Berikut ini adalah klasifikasi game berdasrkan pembatas usia, menurut Entertainment Software Rating Board (ESRB), yaitu adalah :
  • Early Childhood (3+) memiliki isi yang mungkin cocok untuk usia 3 dan lebih tua. Tidak mengandung materi yang tidak pantas orang tua akan menemukan.
  • Everyone (6+) memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 6 dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau kekerasan ringan dan / atau jarang menggunakan bahasa ringan.
  • Everyone (10+) memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 10 dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin berisi lebih banyak kartun, fantasi atau kekerasan ringan, bahasa ringan dan / atau minimal tema sugestif.
  • Teen (13+) memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 13 dan lebih tuaJudul-judul dalam kategori ini mungkin mengandung kekerasan, tema sugestif, humor kasar, sedikit darah, simulasi perjudian, dan / atau jarang menggunakan bahasa yang kuat.
  • Mature (17+) memiliki konten yang mungkin cocok untuk orang usia 17 dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin berisi intens kekerasan, darah dan darah kental, konten seksual dan / atau bahasa yang kuat.
  • Adults Only (18+) memiliki konten yang hanya boleh dimainkan oleh orang-orang 18 tahun dan lebih tua. Judul-judul dalam kategori ini mungkin termasuk adegan yang intens lama kekerasan dan / atau grafik konten seksual dan ketelanjangan.
  • RP (Rating Pending) telah disampaikan kepada ESRB dan sedang menunggu penilaian akhir. (Simbol ini hanya muncul dalam iklan sebelum permainan dibebaskan.)
         The Entertainment Software Rating Board (ESRB) adalah sebuah organisasi regulator mandiri yang menilai permainan video, panduan pengiklanan, prinsip privasi online permainan video dan software hiburan lainnya di Kanada dan Amerika Serikat. ESRB dibentuk pada tahun 1994 oleh Entertainment Software Association (sebelumnya Interactive Digital Software Association). Sejak tahun 2003, ESRB telah menilai 8,000 permainan yang di produksi oleh 350 penerbit permainan video.

         Berikutnya saya akan memberikan sebuah game sebagai contoh dari perkembangan teknologi game, saya memberikan sebuah contoh sesuai game kesukaan saya yaitu SNIPER : GHOST WARRIOR 2 beserta isi dan spesifikasi yang terdapat didalam game tersebut. 

         “Did i ever tell you what definition of insanity is? Insanity is doing the exact…same frakking thing…over and over again, expecting shit to change. That…is crazy”, kalimat yang dilontarkan oleh Vaas – tokoh antagonis ikonik dari Far Cry 3 ini menjadi kiasan yang paling tepat untuk menggambarkan industri game saat ini. Terlepas dari beberapa judul yang mampu tampil berani lewat inovasi gameplay dan cerita, sebagian besar judul game yang dirilis jatuh pada kebutuhan untuk menciptakan intisari permainan yang serupa dengan beberapa judul game mainstream yang sudah populer terlebih dahulu. Dari semua genre yang ada, tren ini paling kentara terlihat di game-game military shooter. Setelah kesuksesan Modern Warfare dan Battlefield, developer berbondong-bondong untuk mengekor popularitas yang ada dengan menciptakan atmosfer dan gaya permainan yang  sama. Untungnya, di tengah “kegilaan” ini, masih ada game FPS yang berani menawarkan sesuatu yang berbeda. Sebuah game terbaru dari City Interactive – Sniper: Ghost Warrior 2.
          Gamer yang familiar dengan pesona game-game military shooter tentu tidak asing lagi dengan peran sebagai seorang sniper alias penembak jitu, sebuah profesi “sakral” yang tampil tak ubahnya malaikat pencabut nyawa. Tidak perlu tampil frontal dan menghabiskan banyak peluru, seorang Sniper dituntut untuk bergerak cepat, tersembunyi, namun tetap mampu membunuh setiap musuh dengan efektif dan efisien. Terlepas dari eksistensinya yang memang sudah terhitung cukup lama di industri game, level Chernobyl di Modern Warfare memang harus diakui menjadi monumen kebangkitan kembali peran ini di industri game. Anda termasuk gamer yang begitu terpesona dan mencintai misi ini di masa lalu? Bayangkan jika Anda menemukan sebuah game yang memuat sensasi serupa di sepanjang permainan. Hal inilah yang akan Anda dapatkan dari Sniper: Ghost Warrior 2.
         Lantas bagaimana dengan performa keseluruhan dari game yang satu ini, apalagi setelah ekspektasi yang begitu tinggi darinya? Selamat datang di dunia para penembak jitu.

PLOT GAME

Anda akan berperan sebagai Cole Anderson, seorang penembak jitu berpengalaman yang ditugaskan untuk merebut kembali sebuah senjata pemusnah massal.

Bersama dengan sang companion setia yang juga seorang spotter – Diaz, Anderson bertempur di sudut-sudut dunia untuk mengemban misi utamanya ini.

         Di tengah dunia yang penuh konflik dan usaha dari banyak pihak untuk meruntuhkan dominasi negara Paman Sam, Anda akan berperan sebagai Cole Anderson, seorang penembak jitu handal yang ditugaskan untuk menginvestigasi sebuah senjata pemusnah massal yang jatuh ke tangan teroris. Ini tentu saja menjadi mimpi buruk bagi Amerika Serikat, apalagi investigasi mencurigai keterlibatan salah satu organisasi teroris paling berbahaya di belakangnya. Namun perjalanan Anderson justru menemukan sebuah fakta baru yang lebih mengejutkan, keterlibatan masa lalunya di dalam konflik ini, seorang pedagang senjata yang memang hidup dari perang dan kesempatan  – Merinov. Anda pun akan dibawa dalam sebuah timeline masa lalu-masa kini, menceritakan latar belakang konflik antara Anderson dan Merinov, serta satu pihak lainnya yang lebih krusial.

Anderson terkejut bahwa salah satu pihak yang berhubungan dengan konflik ini ternyata adalah Merinov – yang notabene memiliki sejarah kelam personal dengannya..

Sniper: Ghost Warrior 2 akan membawa Anda dalam dua buah timeline – masa lalu dan masa kini yang ditujukan untuk mempelajari hubungan antara Anderson dan Minerov.

Lantas, siapa sebenarnya Merinov? Konflik seperti apa yang tengah ia rencanakan? Mampukah Anderson memastikan bahwa serangan teroris ini digagalkan? Semua jawaban ini akan Anda temukan dengan memainkan Sniper: Ghost Warrior 2 ini.

                                                                                Let the killing start!

        Sejak diperkenalkan pertama kali lewat serangkaian screenshot dan teaser, City Interactive sendiri memang sudah menggembar-gemborkan tentang plot yang akan diusung oleh Sniper: Ghost Warrior 2. Menjadikannya sebagai nilai jual utama, cerita seri ini diklaim lahir dari para penulis kawakan yang akan membuat konflik di dalamnya tertata rapi dan menarik. Namun begitu menjajalnya? Antisipasi ini boleh terbilang, runtuh begitu saja. Terlepas dari beragam setting dan konflik dunia nyata yang ia usung, ia kembali membawa sebuah alur cerita yang terhitung klise dan tidak istimewa, apalagi jika dibandingkan dengan beberapa game military shooter lain yang mengalir dengan dinamika lebih unik.
Permainan ini berbasis di sekitar peran sebagai sniper militer dimana pengembang telah mencatat bahwa kepentingan publik yang telah meningkat berkat di bagian-bagian besar untuk menunjukkan pada saluran seperti History Channel atau Channel Military. Tujuan permainan ini adalah untuk memasukkan pemain ke peran tim sniper elit yang dikirim ke daerah yang bermusuhan dalam upaya untuk membantu pemberontak dari Isla Trueno, sebuah negara Amerika Latin fiktif, melawan kekuatan yang telah menggulingkan pemerintah mereka dalam kudeta d 'état​​.

     Sniper: Ghost Warrior memberikan pengalaman gaming yang mengesankan visual dan teknologi dan fitur sistem balistik yang realistis yang mengukur lintasan peluru, drop peluru dan efek lingkungan seperti angin, kabut & hujan. Meliputi beragam tingkat tunggal dan multiplayer, pemain akan menghadapi berbagai medan menantang. Pemain mengambil peran Ghost Warrior, seorang penembak jitu elit dalam satuan yang sangat terlatih ops khusus, yang unik keterampilan dalam seni mengintai, deteksi target, pengawasan dan akurasi menembak akan menentukan keberhasilan misi. Misi rahasia memaksa pemain untuk beroperasi tidak terdeteksi karena mereka berusaha untuk menghilangkan musuh bermusuhan satu kepala ditembak pada suatu waktu. 

Fitur Utama:
  • Pengalaman sniping paling realistis dalam permainan video yang pernah, sampai ke mengelola pernapasan Anda untuk meningkatkan akurasi tembakan sniper.
  • Nikmati sistem balistik sepenuhnya realistis yang menyumbang peluru lintasan, termasuk drop peluru dan efek lingkungan seperti angin, kabut & hujan.
  • Tarik dari headshot yang sempurna dan menonton peluru Anda menyerang musuh dengan akurasi pin-point dalam mode Cam Bullet.
  • 4 jenis sniping senapan: AS50, MSG90, SR25 & SVD Dragunov
  • Berbagai jenis misi mulai dari sniper vs sniper eliminasi, real-time serangan taktis dan tetap senapan mesin tempur.
  • Bermain sebagai dua karakter terpisah: sniper dan spotter.

Properties Sniper Ghost Warrior Gold Edition

  • Developer : City Interactive
  • Publisher :  City Interactive
  • Genre :  Tactical Shooter
  • Mode :  Singel Player, Multiplayer

Persyaratan Sistem Minimum

  • OS: Windows® XP (SP3) / Vista™ (SP1) / 7
  • Processor: Intel Pentium 4 3,2 GHz, Intel Pentium D 2,66 GHz, AMD Athlon 64 3500+ 
  • Memory: 1GB for XP / 2GB for Vista and 7 
  • Graphics: 256 MB RAM compatible with DX10.0 or DX9.0c, Shader Model 3.0 
  • Cards: GeForce ( 6800/7600-7950/8600-8800/9600-9800/GTX 260-280 ) or Radeon (X1650-1950/ HD2400-2900 / 3650 
  • DirectX®: DirectX® 9.0c 
  • Hard Drive: 6.5GB 
  • Sound: Compatible with DirectX® 9.0c
 http://www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar